Aceh

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh Giring Gajah Liar di Pidie

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh Giring Gajah Liar di Pidie

Pidie, – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melakukan penggiringan Gajah liar di kawasan Mila, Pidie, Aceh (12/1/2020). Penggiringan tersebut akan dilakukan selama 10 hari ke depan, dengan menurunkan 4 ekor Gajah jinak untuk mempermudah proses penggiringan.

“Ya, mulai hari ini kita melakukan penggiringan di kawasan Mila, Pidie. Kami bawa 4 ekor gajah jinak agar proses penggiringan jadi mudah, karena di kawanan gajah liar itu ada dua ekor gajah jantan yang harus di waspadai karena sedang birahi,” Kata Koordinator Pusat Pelatihan Gajah, Nurdin, kepada acehonline.co, Minggu.

Sejak awal 2020, Nurdin menjelaskan, konflik gajah Sumatera dengan manusia di Mila kerap terjadi. Hal tersebut berdampak pada aktifitas warga yang tidak berani pergi ke kebun.

“Sejak awal tahun ini memang banyak laporan dari Mila, gajah masuk ke kebun dan memakan tanaman seperti jagung, pinang, pisang dan lain-lain,” ungkap Nurdin.

Untuk diketahui, konflik satwa dan manusia di Aceh terus terjadi sejak lima tahun terakhir, maraknya pembukaan lahan dan perambahan hutan menjadi pemicu turunnya gajah-gajah liar ke perkebunan warga untuk mencari makanan. Hingga saat ini belum ada solusi yang tepat dari pemerintah Aceh untuk meredam konflik tersebut. []

Berita Popular

To Top