Aceh

Banding Walhi Ditolak, Plt Gubernur Aceh Didesak Bertemu Presiden

Banda Aceh – Upaya banding yang diajukan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) bersama masyarakat Beutong Ateuh Banggalang untuk pembatalan izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi PT Emas Mineral Murni (PT EMM) ditolak majelis hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (TUN) Jakarta.

Walhi tidak terima dengan keputusan tersebut, dan akan melakukan upaya hukum selanjutnya, yakni menempuh jalur kasasi ke Mahkamah Agung.

Sementara itu, Koordinator Korps Barisan Pemuda Aceh (BPA), Mutawali meminta Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk segera mengambil langkah dengan menjumpai Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut putra asli Nagan Raya ini, keputusan akhir permasalahan PT EMM ada di tangan Presiden Jokowi. Pasalnya apabila ini terus dilakukan pembiaran, maka yang ditakutkan terjadi gejolak yang besar di tengah-tengah masyarakat.

“Ini yang kami takutkan, makanya kami sarankan Plt Gubernur Aceh harus segera mengambil langkah cepat, untuk mencari jalan keluar atas permasalahan ini,” kata Mutawali Kamis (12/9/2019) di Banda Aceh.

Selaku mahasiswa dan pemuda yang selama ini konsentrasi mengawal penolakan PT EMM, Wali–sapaan akrab Mutawali–mengaku pihaknya tetap akan fokus memperjuangkan permasalahan tersebut hingga masalah itu selesai.

“Kami tetap akan fokus memperjuangkan itu, apabila perlu kami akan menggelar aksi besar kembali untuk menolak perusahaan itu,” tegasnya. []

Berita Popular

To Top