Daerah

Berbobot 148 Kg, Sunarti Mengaku Konsumsi Obat Steroid

Sunarti menjalani perawatan di RSHS Bandung. (Foto: dokumentasi RSHS Bandung)

Bandung – Sunarti (39), wanita asal Karawang berbobot 148 kilogram, menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Dokter menyebut Sunarti mengkonsumsi obat steroid sehingga berat badannya meningkat.

“Pasien ini gemuk ya, gemuk sekali fisiknya. Kalau orang gemuk secara kasat mata karena asupan makanan terlalu berlebihan dibanding yang dikeluarkan melalui aktivitas. Kebetulan ini dia cerita mengkonsumsi obat yang sebetulnya itu bisa berefek kepada kegemukan,” ucap Plh Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung Yana Ahmad Supriatna di RSHS Jalan Dr Djunjunan, Kota Bandung, Jumat (1/2/2019).

Yana menjelaskan obat tersebut berjenis obat steroid. Menurut Yana, obat tersebut biasanya dikonsumsi masyarakat umum untuk menghilangkan nyeri. Obat itu juga dapat menimbulkan efek nafsu makan yang meningkat.

“Obat golongan steroid apabila dikonsumsi secara terus menerus tanpa aturan dokter, dapat menyebabkan efek samping salah satunya kegemukan. Gemuknya karena apa, ya karena obat. Obatnya itu biasanya digunakan untuk masyarakat mengurangi rasa nyeri. Dengan obat itu merasa enak dan kadang nafsu makan bertambah,” katanya.

Sunarti telah dirujuk ke RSHS Bandung sejak Kamis (31/1) malam. Dia akan menjalani serangkaian pemeriksaan oleh tim dokter RSHS Bandung.

 

detik.com

Berita Popular

To Top