Internasional

Darlis Aziz Putra Aceh Calon Ketua PPI di Turki

Darlis Aziz Putra Aceh

Ankara  – Darlis Azis, mahasiswa asal Aceh yang kini menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas Hacettepe Ankara, mencalonkan diri sebagai Ketua Persatuan Pelajar Indonesia priode 2019-2020 di Turki. Jika terpilih, Alumni Universitas Syiahkuala Banda Aceh ini, telah menyiapkan program unggulan yang diharap mampu menyemangati pelajar dan mahasiswa Indonesia di Turki untuk aktif berkarya.

“Saya ingin melalui PPI teman-teman mahasiswa Indonesia di Turki menyalurkan ilmunya sehingga bermanfaat,” ujar Darlis dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (04/01/2019).

Menurut Darliz, diskusi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan mahasiswa dalam menyalurkan ilmu yang dimiliki. Untuk itu, Darliz telah merencanakan mengembangkan kegiatan diskusi aktif di setiap kota berbasis pelajar Indonesia di Turki.

“Diskusi saya harap dapat mematik minat pelajar Indonesia di Turki untuk aktif menulis. Sangat disayangkan jika selama bersekolah di luar negeri pelajar Indonesia tidak memiliki karya tulis hasil buah pemikirannya selama belajar dan menetap di Turki,”  kata pria berusia 29 tahun ini.

Darlis mengatakan, meski memiliki sumber daya dan informasi, namun pelajar dan mahasiswa Indonesia belum memiliki wadah untuk menyalurkan karyanya.

“Sumber daya ada, sumber informasinya ada tapi wadahnya belum ada,” ujar Darlis.

Melalui program utamannya, Darlis yang mengusung tema “Berkarya Bersama” dalam kampanyenya, mengajak pelajar Indonesia tidak hanya aktif di kampus, tapi turut berkontribusi bagi Indonesia. Untuk itu mahasiswa jurusan Kultural Calismalar ve Medya (Studi Budaya dan Media) Universitas Hacettepe Ankara ini berinisiatif membangun komunikasi antara pelajar dan mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa dari negara lain yang juga menempuh pendidikan di Turki sebagi program utamannya.

Komunikasi tersebut diantaranya dengan membangun Aliansi Mahasiswa ASEAN. Untuk inisiatif itu, Darlis telah menggelar sejumlah pertemuan diantarnya dengan Ketua Thai Student Association in Turkey (TSAT), Malaysian Student Association in Turkey (MASAT), serta Asosiasi pelajar Filipina dan Bangladesh di Turki.

“Saya ingin melalui komunikasi ini terbangun sinergi antara pelajar ASEAN dan negara Asia lainnya di Turki,” kata Darlis.

Selain dua program unggulan tersebut, Darlis menawarkan tujuh program lainnya jika terpilih sebagi ketua PPI Turki. Program itu yakni, Sarasehan Indonesia, sebagai wadah konsolidasi pelajar Indonesia di Turki yang diharap menjembatani kepentingan antara PPI wilayah dan pusat.

“Selanjutnya program Grab Your Future yang ditujukan untuk mempersiapkan alumni menghadapi tantangan dunia kerja, program sosial “Mentari dari Turki”, simposium internasional, kongres perempuan, kegiatan olahraga, cagar budaya dan bahasa,” ungkap mahasiswa yang aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan pelajar internasional di Turki ini.

Selama menempuh pendidikan di Turki, Darlis pernah dipercaya menjabat Ketua Bidang Hubungan Lembaga dan Jaringan Komunitas (HLJK) PPI Turki 2017. Selama menjabat HLJK, Darliz aktif berperan sebagai inisiator membuka jalan hubungan Indonesia dengan mahasiswa Turki melalui berbagai komunitas seperti Babil-Alem Istanbul, Asma Kopru Ankara, Ipekyolu Bursa, Genc Memursen, Anadolu Genc Dernegi (AGD), Turkiye Diyanet Vakfi dan Yurtdisi Turkler ve Akraba Topluluklar Baskanligi (YTB).

Ditahun yang sama, Darlis juga ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PPI Turki, mengisi kekosongan masa transisi kepengurusan Ketua PPI. Dia juga sempat menjabat sebagai Ketua Ikatan Masyarakat Aceh di Turki (IKAMAT) tahun 2018.

Ajnn.net

To Top