Umum

Harga Kambing Qurban di Lhokseumawe Capai Rp 4 Juta Per Ekor

Kabaracehnews.com, Lhokseumawe – Sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, para pedagang hewan kambing qurban mulai menjajakan dagangannya di sepanjang jalan utama Merdeka kawasan Taman Riyadah Kota Lhokseumawe. Harga Kambing pada musim qurban tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Dari Pantauan Kamis (16/8/2018), berbagai jenis kambing untuk kebutuhan qurban diikat pedagang di antara pohon dan pagar pinggir jalan seraya menungu pembeli, adapun jenis kambing yang dijual itu diantara bomba atau biri biri, kambing jantan biasa dan kambing jantan kawin silang.

“Kami sudah sepekan berjualan, harga kambing tahun ini naik dari tahun lalu, karena persediaan kambing tidak sebanyak tahun lalu,” kata pedagang kambing asal Uteun Bayi, Lhokseumawe, Agus.

Menurutnya, harga penjualan kambing tahun ini berkisar dari harga terendah Rp2 juta dan harga tertinggi Rp4 juta, harga tersebut naik antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu dari tahun lalu. Kenaikan harga itu disebabkan minimnya persediaan kambing peliharaan dari masing masing pedagang yang biasa menjualnya pada jelang musim qurban.

Agus menambahkan, untuk memenuhi persediaan kambil dagangnya para pedagang terpaksa membeli kambing dari berbagagai daerah di wilayah Kota Lhokseumawe sekitarnya, lantaran persediaan kambing peliharan sendiri tidak banyak hanya beberapa ekor saja.

“Sebahagian kambing-kambing ini kami beli dari gampong, karena modal tinggi harga yang kami jual pun ikut tinggi, syukur sykur bisa dapat sedikit keuntungan, tapi saat ini para pembeli masih sepi, ramai para calon pembeli masih mencari cari informasi harga dari pedagang, dan biasanya kambing ini laris hari meugang sehari sebelum Hari Raya Qurban,” pungkas Agus.

To Top