Nasional

Irwandi Yusuf Klaim Gunakan Uang Pribadi Untuk Even Aceh Marathon

Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf. | Foto: Liputan6

Jakarta – Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf mengaku heran dengan nasibnya yang ditangkap, ditetapkan tersangka dan kini menjalani persidangan atas perkara suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Aceh. Irwandi mengklaim tak tahu menahu ada dana yang masuk ke rekeningnya.

Hal ini dikatakan Irwandi setelah mendengar keterangan sejumlah saksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (4/2). Salah satu saksi yang dihadirkan, yakni Steffy Burase, mantan model dan Tenaga Ahli Aceh Marathon yang juga teman dekat Irwandi.

“Transfer dana totalnya Rp 39 juta, Steffy mengirim tanpa sepengetahuan saya. Saya tidak tahu sudah ada dana di rekening dana. Saya baru tahu setelah OTT,” kata Irwandi di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Tiga hari setelah ditangkap, Irwandi mengaku baru mendapat cerita dari stafnya, Saiful Bahri tentang uang yang masuk ke rekeningnya tersebut. Irwandi mengklaim menggunakan dana pribadi untuk membiayai ajang Aceh Marathon lantaran waktunya yang mepet.

“Pencairan dana baru bisa pertengahan Mei, sedangkan Aceh marathon itu 29 Juli. Persiapan beli medali, baju, gelang, kontrak harus sudah dilakukan, (pakai) uangku,” katanya.

Untuk itu, Irwandi mencurigai adanya unsur politis dalam kasusnya yang dianggapnya remeh. Kecurigaan Irwandi mengarah pada seorang pengusaha yang tak mendapat proyek di Aceh.

“Ada pengusaha di Sabang yang tak dapat proyek, jadilah begini. Kan saya dari GAM, jadi ada yang nggak suka saya sukses jadi gubernur,” katanya.

Dalam persidangan ini, Steffy yang dihadirkan sebagai saksi mengaku memiliki hubungan dengan Irwandi. Bahkan, Steffy mengaku sempat berencana menikah dengan Irwandi. Steffy menuturkan mulanya sempat ragu untuk menikah dengan Irwandi. Steffy pun berkonsultasi dengan Saiful Bahri yang menyarankannya untuk umrah bersama Irwandi.

“Saya dekat dengan Pak Gubernur dan masuk ke rencana perikahan. Saya cerita sama Saiful, saya ragu akan menikah atau tidak. Pak Saiful bilang, lebih baik doa, umrah,” turut Steffy.

Saran tersebut dijalani Steffy dan Irwandi yang berangkat umrah bersama-sama pada Juni 2018. Saat itu, Steffy mengaku meminjam uang Saiful sebesar Rp 150 juta. Steffy beralasan, uangnya telah habis digunakan untuk menalangi biaya kegiatan Aceh Marathon. Kepada Saiful, Steffy meminta agar uang tersebut dikirim ke empat rekening berbeda. Salah satunya adalah rekening Irwandi Yusuf.

“Rp 150 juta saya minta dipecah ke rekening saya untuk bayar hotel, karena satu ATM tidak bisa langsung tarik banyak,” kata Steffy.

Dalam persidangan sebelumnya, terungkap bahwa Irwandi Yusuf menunjuk Steffy Burase sebagai panitia kegiatan Aceh Marathon. Adapun, uang suap yang diberikan Bupati Bener Meriah Ahmadi kepada Irwandi Yusuf, diduga digunakan Steffy untuk membiayai kegiatan Aceh Marathon. Dalam surat dakwaan, Irwandi juga disebut menggunakan beberapa orang dekatnya untuk menerima gratifikasi. Salah satunya adalah Steffy. Dalam persidangan untuk terdakwa lainnya, Irwandi dan Steffy mengakui bahwa mereka memiliki hubungan dekat.[]

Sumber: BeritaSatu.com

Berita Popular

To Top