Nasional

Jokowi Sebut ‘Dilan’ di Debat Capres Keempat

Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Jakarta – Debat calon presiden (capres) terakhir baru saja berlangsung. Di segmen pertama, calon presiden dari nomor urut 1 dan nomor urut 2, Joko Widodo dan Prabowo Subianto masing-masing memaparkan visi dan misinya.

Dan Jokowi mencuri perhatian karena menyebut nama Dilan di pemaparannya.

“Di bidang pemerintahan, ke depan diperlukan pemerintahan, Dilan, digital melayani,” kata Jokowi dalam Debat Keempat Capres di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).

Dilan yang dimaksud oleh Jokowi tentu bukan sosok Dilan di film laris yang baru-baru ini diputar di bioskop. Dilan di sini merupakan kependekan dari digital melayani yang diperlukan untuk pemerintah mendatang.

Jokowi memang kerap mengambil istilah-istilah populer. Sebelumnya, Jokowi juga sempat menjadi perbincangan gara-gara pidatonya yang menyebut ‘Winter is Coming’.

Istilah itu merupakan istilah dari serial populer ‘Game of Thrones’ yang tayang di televisi berbayar. ‘Game of Thrones’ diketahui memiliki penggemar sangat banyak terutama untuk anak muda.

Dilan juga tak kalah populer di kalangan anak muda. Filmnya pertamanya, Dilan 1990 ditonton lebih dari 6 juta orang di bioskop. Sementara film keduanya Dilan 1991 yang belum lama dirilis ditonton lebih dari 5 juta orang.

(ken/ken)

To Top