Uncategorized

Mengenal Inong Duta Wisata Bireuen 2018 yang Ingin Jadi Pengusaha Sukses

Duta Wisata Bireuen 2018, Rika Munanda. @istimewa

Inong Duta Wisata Bireuen 2018 kini dipegang oleh Rika Munanda setelah penobatan yang dilakukan di Aula Setda Bireuen, Juli lalu. Selain cantik dan pintar, gadis 18 tahun itu juga aktif di berbagai organisasi, baik di kampus maupun di luar kampus.

Saat ini Rika, demikian ia akrab disapa, tercatat sebagai mahasiswi Universitas Malikussaleh (Unimal) Prodi Manajemen. Pilihannya itu bukan tanpa alasan, Rika yang memiliki jiwa pebisnis ingin menjadi seorang pengusaha sukses.

“Saya punya cita-cita menjadi seorang pengusaha sukses yang bisa bermanfaat bagi orang banyak, salah satunya dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Saya ingin suatu saat nanti memiliki usaha yang bisa menyaingi brand kelas dunia seperti KFC, J.Co, Zara dan lainnya,” ucap Rika Munanda kepada Portalsatu Jumat, 7 September 2018.

Selain sibuk menjalani aktivitas sebagai mahasiswi, gadis asal Gampong Reuleut, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, itu juga memiliki usaha sampingan yang hanya dilakukannya apabila libur kuliah.

“Alhamdulillah, sekarang ini saya sedang menjalani usaha ayam sambal Bali di seputaran Bireuen. Bisa delivery order dan saya sendiri yang antar ke pelanggan. Saya cuma jualan di hari Jumat, Sabtu dan Minggu atau hari libur lainnya,” ujar putri sulung dari tiga bersaudara itu.

Sebelum terpilih sebagai Duta Wisata Bireuen 2018, Rika merupakan Duta Lingkungan Bireuen 2016. Pada tahun yang sama (2016), Rika menjadi Runner-up 1 Duta Lingkungan Aceh. Berlanjut tahun 2017, Rika meraih Runner-up 1 Cutbang Cutkak Fakultas Ekonomi Unimal. Sementara tahun 2015, Rika terpilih sebagai pengibar bendera pusaka di Kabupaten Bireuen.

Saat ini Rika juga aktif di sejumlah organisasi, yaitu Forum Duta Lingkungan Aceh, Purna Paskibraka Indonesia, Ikatan Duta Wisata Bireuen, Himpunan Mahasiswa Manajemen, UKM Basket Unimal, Club Basket Gelora Aceh ASEAN, Forum Mahasiswa Bireuen dan Ikatan Forum Duta Anti-Narkoba Lhokseumawe.

“Orangtua dan keluarga sangat mendukung apa yang saja jalani saat ini. Meski saya sering sibuk dengan aktivitas di luar rumah, mereka memakluminya. Orangtua tidak pernah melarang, selama kegiatan yang saya lakukan itu positif. Alhamdulillah, doa, dukungan dan izin selalu mereka berikan,” pungkas Rika.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Popular

To Top