Hukum

Penyeludup 50 Kg Sabu Sabu di Lhokseumawe Jaringan Internasional Thailand-Aceh

memperlihatkan barang bukti sabu-sabu.50 kg Foto: Sarina

Aceh Utara, Empat tersangka penyeludup 50 kilogram narkoba jenis sabu-sabu yang ditangkap di Perairan Ujong Blang, Kota Lhokseumawe merupakan sindikat Internasional Thailand-Aceh.

Penangkapan puluhan kilogram barang haram tersebut merupakan jaringan FE alias Fery CS. Yang sudah terbentuk sejak tahun 2017. Mereka merupakan keluarga besar yakni abang, adik serta sepupu.

“Daerah operasi jaringan ini di wilayah perairan Kota Lhokseumawe terutama di daerah Pusong dan Ujong Blang, jaringan tersebut merupakan merupakan jaringan sindikat Internasional Thailand-Aceh,” kata Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, Selasa (19/3).

Sambungnya lagi, jaringan tersebut kerap memasukkan narkoba jenis sabu-sabu ke Indonesia (per Aceh) dari Thailand ship to ship di lebih kurang 50 Nm dari perairan Tanjung Jambo Aye (Seunuddon). Kegiatan penyeludupan narkoba tersebut secara rutin dilakukan dua hingga tiga kali dalam sebulan.

“Pemasarannya kepada masyarakat Lhokseumawe dan sekitarnya dan di bawa ke Medan oleh FE,” ungkapnya.

Saat disinggung puluhan kilogram sabu-sabu tersebut hendak di pasok kemana, Dan Lantamal menjawab, sejauh ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lanjutan terkait hal tersebut.

“Terkait kemana sabu-sabu itu akan dibawa, hingga saat ini masih dilakukan penyelidikan dan pengembangan,” jelasnya.

Dikabarkan sebelumnya, Tim F1QR Lanal Lhokseumawe Lantamal I Koarmada berhasil menggagalkan upaya penyeludupan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 50 kilogram di perairan Ujong Blang, Kota Lhokseumawe.

Selain mengamankan 50 kilogram sabu-sabu tersebut, penangkapan yang dilakukan pada Senin (19/3), itu juga turut diamankan empat orang tersangka berinisial IS (36), HS (26), IR (27) dan MA (26). Keempat tersangka tersebut merupakan warga Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe.

Dan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto mengatakan, berawal dari patroli rutin yang biasa dilaksanakan Lanal di Perairan Lhokseumawe, F1QR mendapati kapal boat yang mencurigakan dan memutuskan untuk melakukan pengejaran dan pemeriksaan terhadap dua boat di Perairan Ujong Blang.

“Setelah dua kapal tersebut dihentikan, kemudian tim melakukan penggeladahan dan pemeriksaan terhadap kapal tersebut. Dan petugas berhasil menemukan lima karung yang terindikasi narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 50 kilogram,” katanya saat konferensi pers di Mako Lanal Lhokseumawe.

Foto: Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib (dua kanan), Kepala BNN Lhokseumawe AKBPFachrurrozi (Kanan) dan Dan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto (tiga kanan) serta jajaran memperlihatkan barang bukti

 

Berita Popular

To Top