Internasional

Putra Aceh Terpilih Sebagai Ketua PPI Turki Periode 2019-2020

Darlis Azis

Turki – Darlis Azis, mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi di Hacettepe University Ankara terpilih menjadi Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki Periode 2019-2020.

Darlis memperoleh suara terbanyak setelah mengalahkan calon lainnya, Fiqhi Rodhia dalam pemilihan suara yang berlangsung pada tanggal 21 Januari 2019.

Pemungutan suara dilaksanakan di TPS kota-kota di Turki yang terdapat pelajar Indonesia. Selain sistem coblos langsung, para mahasiswa yang tidak sempat hadir juga terbantu oleh sistem SMS, namun harus terdaftar namanya terlebih dahulu di DPT.

Pemilu tahun ini sendiri diikuti hampir 400-an pelajar yang menggunakan hak pilihnya. Darlis sebagai calon nomot urut 1 mendapatkan suara sebanyak 245 suara, sedangkan calon nomor 2 mendapatkan 119 suara dari total 364 suara sah.

Setelah mendapat hasil pemilihan, pada 31 Januari – 2 Februari 2019, dari Musta (Musyawarah tahunan) PPI Turki yang berlangsung di Kota Konya, Majelis Perwakilan Anggota (MPA) PPI Turki menetapkan dan mengesahkan saudara Darlis Azis sebagai ketua terpilih. Darlis dianggap mampu mengayomi dan memimpin keluarga besar pelajar Indonesia di Turki.

Ini merupakan kali kedua putra Aceh menjabat sebagai ketua PPI Turki, setelah sebelumnya dipimpin oleh Azwir Nazar, mahasiswa S3 Komunikasi Politik Hacettepe University yang terpilih menjadi Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki Periode 2016-2017.

“PPI Turki adalah rumah besar bagi Pelajar Indonesia. Itu adalah visi utama saya. Saya ingin para pelajar Indonesia di Turki bersatu padu, kompak dan merasakan indahnya kebersamaan dan berkarya bersama. Meskipun jauh dari tanah kelahiran, kami sebagai Caraka Indonesia di LN ingin berkontribusi besar untuk kepentingan bangsa baik dari segi pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya”, ujarnya.

Selain itu, PPI Turki Periode ini akan siap bekerja sama dengan berbagai kalangan demi kepentingan Pelajar Indonesia. Termasuk bersinergi dengan program Pemerintah, NGO, atau Lembaga terkait lainnya.

Darlis mengatakan, ada beberapa program kerja yang akan dilaksanakan, yang dirangkum dalam 3 K (Konsolidasi, Kolaborasi, dan Karya), dengan mengangkat tagline #BerkaryaBersama.

Ia mengajak seluruh anak bangsa yang sedang menuntut ilmu di negara dua benua untuk mengembangkan potensi terbaiknya bagi kemajuan bangsa dan negara. Kerjasama budaya Indonesia-Turki, pengembangan akademik, dan program pengabdian untuk negeri adalah salah satu dari beberapa program yang sudah di sampaikan.

Darlis juga mengajak seluruh partner untuk mendukung kesuksesan kepengurusan PPI Turki 2019-2020 mendatang.

Berita Popular

To Top