Dunia Islam

Santri Dayah MUDI Samalanga Membeludak Shalat Jamaahpun Sampai ke Pintu Gerbang

Samalanga – Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, kabupaten Bireun, Aceh merupakan pondok pesantren / dayah terbesar di propinsi paling ujung barat yang mempunyai santri yang sangat banyak dan membeludak bahkan shalat jamaahpun melewati pintu gerbang Ponpes (dayah) tersebut.

“Punoh Mesjid, punoh halaman sampe ke jalan (Masjid dan halamannya dipenuhi jamaah (santri) sampai ke jalan),” kata Tgk. Mhd Nazar salah seorang guru sepuh dayah tersebut dalam postingan facebooknya,  Sabtu,  (1/9/2018).

Melihat fenomena ini tentunya area dan lingkungan dayah tersebut perlu perluasan terlebih membeludaknya santri baru yang memilih dayah yang di pimpin Al-Mujaddid Al-Mukarram Al-mursyid Syaikhuna H. Hasanoel Basri HG (Abu MUDI).

“Hendaknya pemerintah Aceh menjadi dayah sebagai lembaga pendidikan paling utama dan teristimewa dibandingkan dengan lembaga pendidikan umum,  diakui ataupun tidak dayah telah memberikan kontribusi yang lebih dari pada universitas atau sekolah umum lainnya, padahal dayah dana dikelola secara mandiri sejak dulu. Baru beberapa tahun silam adanya badan dayah/Dinas Dayah, itu cuma “badan” saja dayah, ” ungkap salah seorang tokoh dan pemerhati pendidikan dengan menyindir itu.

Semua berharap dayah tetap berjalan  roda pendidikannya mencetak warasatul ambia (ulama)  bahkan berharap jangan sampai dayah dipolitisir oleh pihak tertentu demi  kepentingan dan misi pribadi dan golongan dibawah  bingkai politik dan sejenisnya.

“Mereka adalah masa depan Agama, semoga Allah merahmati mereka semua ..” pinta guru kelahiran Beurreuleung, Pidie itu dengan penuh berharap.

Berita Popular

To Top