Aceh

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Tak Izinkan Deklarasi 2019 Ganti Presiden

Aminullah Usman, S.E., Ak., M.M. Wali kota Banda Aceh

Banda Aceh – Aksi deklarasi #2019GantiPresiden di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Sabtu (1/9/2018), batal digelar.

Pemerintah Kota Banda Aceh menolak mengeluarkan surat rekomendasi untuk izin kegiatan tesebut.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Muchlish, disebutkan Pemko Banda Aceh tidak dapat mengeluarkan rekomendasi deklarasi 2019 ganti presiden untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerawanan sosial seperti di tempat lain.

“Untuk menghindari hal serupa terjadi di Kota Banda Aceh yang saat ini relatif aman dan kondusif, maka pemerintah Kota Banda Aceh tidak dapat mengeluarkan rekomendasi deklarasi #2019gantipreside yang saudara mohon,” demikian isi surat tersebut.

Ketua Panitia Deklarasi Mustafa MY Tiba dalam konferensi pers dengan sejumlah awak media di Banda Aceh, Jumat sore (31/8/2018), juga mengatakan deklarasi 2019 ganti presiden ditunda. Deklarasi tersebut direncanakan akan digelar pada 30 September 2018 mendatang.

“Bukan dibatalkan, melainkan ditunda terlebih dahulu, untuk mempersiapkan kegiatan yang lebih besar pada akhir September 2018,” kata Mustafa.

Tidak adanya rekomendasi dari Pemko Banda Aceh, kata dia, diketahui dari surat jawaban atas permohonan rekomendasi yang dikirimkan pihaknya sebagaimana disyaratkan oleh pihak kepolisian.

“Kita mengajukan surat kepada Polresta Banda Aceh. Mereka meminta rekomendasi dari Pemko sehingga mereka bisa mengeluarkan izin, dan bedasarkan surat yang kita terima Jumat sore, Pemko menolak mengeluarkan rekomendasi kegiatan,” kata Mustafa.

To Top