Aceh

94 pengungsi Rohingya terdampar 4 mil di atas pantai Seunuddon Aceh Utara

POLSEK SEUUDDON Image caption Menurut polisi, 94 warga Rohingya itu dibawa oleh para nelayan itu untuk menuju wilayah Kuala Tanah Jamno Aye, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara.

Aceh Utara, – Nelayan Aceh Utara selamatkan 94 Rohingya, Myanmar yang terkatung-katung diangkut Aceh Utara. Mereka saat ini sedang proses evakuasi dari laut ke daratan.

Kapolsek Seunuddon Iptu M Jamil menyebutkan, melalui informasi di lokasi, kapal yang mengangkut WNA terlihat pada hari Senin 21 Juni 2020 sekira pukul 18.30 WIB dan berhasil dievakuasi masuk ke pantai pantai Aceh Utara, Rabu (24/6) siang.

“Saat dilihat oleh tiga nelayan kita, kapal asing yang paling terkendali dan selanjutnya tiga mereka membantu mengevakuasi WNA,” kata Iptu M Jamil, Rabu (24/6).

Jamil mengatakan, jumlah orang dalam kapal tersebut adalah laki-laki dewasa 15 orang, perempuan dewasa 49 orang, anak-anak 30. Total seluruhnya 94 orang.

Sampai saat ini kapal KM Nelayan 2017.811 yang berisi 94 orang WNA Rohingya masih di lokasi yang dapat dijangkau 4 mil dari pantai Seunuddon. “Sampai saat ini pihak TNI –Polri masih melakukan hubungan dengan pihak terkait,” ujar dia.

Sementara itu, Panglima Laot (Lembaga adat laut) Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara M Hasan mengatakan saat ini kapal nelayan yang mengangkut mereka belum tiba ke kapal.

“Laporannya perahu yang membantu warga Rohingya juga mengalami kerusakan mesin sekitar 4 mil di atas pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara,” kata M Hasan.

Pihaknya bersama Muspika Seunuddon dan bukan TNI / Polri dan BBPD Aceh Utara serta masyarakat lokal sedang melakukan koordinasi terkait langkah yang akan diambil pihaknya untuk memberi pertolongan kepada para korban,

 

[]

To Top