Aceh

Aksi Untuk Muslim New Zealand di Banda Aceh

(Antara Aceh/Irwansyah Putra)

Banda Aceh – Sejumlah massa yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Aceh Anti Terorisme (AMAATI) menggelar aksi protes dan kecaman terhadap atas aksi teror penembakan terhadap jamaah masjid yang sedang melakukan sholat Jumat di Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019) kemarin.

Dalam orasinya, merka mengecam keras tindakan biadab penembakan brutal di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood di Kota Christchurch, New Zealand. Mereka mendesak seluruh pemimpin dunia, untuk mengakui bahwa tindakan penembakan brutal itu sebagai aksi terorisme dan meminta agar seluruh pelaku dihukum seberat-beratnya (hukuman mati).

Pemerintah New Zealand juga diminta agar bisa memberikan rasa aman bagi seluruh umat Islam yang ada di sana. Korlap aksi AMAATI, Agus Ismansyah mengatakan, New Zealand sebagai negara dengan slogan negara teraman di dunia, baru saja tercoreng akibat aksi terorisme itu. “Dari sumber media massa yang terakhir beredar, sedikitnya 49-an umat Islam tewas dalam peristiwa yang dikatakan perdana menteri Selandia Baru sebagai peristiwa yang paling kelam,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam penembakan tersebut tak hanya masyarakat New Zealand, tapi setidaknya ada 2 Warga Negara Indonesia yang turut menjadi korban. Massa juga berharap, Pemerintah Indonesia berperan aktif dalam mendorong terciptanya suasana kondusif bagi umat Islam di New Zealand.

“Kami mengajak seluruh warga Aceh dan Indonesia umumnya untuk mendoakan seluruh korban dan tidak terprovokasi dengan melakukan tindakan balasan terhadap non-muslim,” imbaunya. Agus juga berharap, ke depannya tidak ada lagi aksi pembunuhan brutal terhadap umat Islam di seluruh dunia akibat Islamphobia. “Semoga tuntutan dari aksi AMAATI ini ditanggapi sebagai sebuah respon penting,” pungkasnya.

Tokoh agama dan politisi Illiza Sa’aduddin Djamal (kiri) menyampaikan orasi saat mengikuti aksi keprihatinan terhadap korban penembakan New Zealand bersama relawan kemanusiaan dan mahasiswa di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (16/3/2019). Umat muslim Aceh mengutuk keras aksi terorisme penembakan brutal di dua masjid di Christchurch, New Zealand yang mengakibatkan 49 orang meninggal dunia.

Berita Popular

To Top