Kabaracehnews

Kesehatan

Benarkah Virus Penyebab Kanker Serviks Bisa Menular Lewat Tangan?

Photo :Shutterstock Ilustrasi virus HPV

Jakarta – Human Papilloma Virus (HPV) atau virus penyebab kanker serviks memang mudah ditularkan saat berhubungan seks. Banyak kabar juga menyebut bahwa HPV bisa menular lewat tangan atau skin to skin contact.

Sebelumnya ada sebuah spekulasi yang mengatakan bahwa kontak seksual tangan ke genital dapat menyebarkan infeksi. Namun, peneliti Pascadoktoral di Universitas McGill di Montreal Kanada, Talia Malago menyatakan bahwa HPV tidak menular melalui tangan. Ia memastikan bahwa spekulasi yang beredar itu tidaklah benar.

“Hanya karena kami mendeteksi DNA HPV di tangan tidak berarti partikel virus itu layak dan cukup kuat untuk menyebabkan infeksi,” katanya seperti dilansir dari Health24.

Ia menjelaskan, DNA mungkin hanya disimpan di tangan karena seseorang baru-baru ini berhubungan seks atau menyentuh alat kelamin mereka sendiri. Hal itulah yang ditemukan para peneliti.

Untuk penelitian ini, Malagon dan rekan-rekannya meminta ratusan pasangan heteroseksual yang menyediakan sampel tangan dan genital setiap beberapa bulan. Para peneliti menganalisis DNA HPV untuk melihat siapa yang terinfeksi dari waktu ke waktu.

Orang-orang lebih mungkin terinfeksi ketika pasangan mereka positif HPV di alat kelamin atau tangan, para peneliti menemukan. Tetapi risiko itu sebagian besar disebabkan oleh infeksi HPV genital. Ketika peneliti memperhitungkan hal ini, risiko terinfeksi oleh tangan menghilang. (ldp)

 

Sumber:Viva.co.id

 

loading...