Dunia Islam

Bupati Aceh Barat Minta Santri Gunakan Peci

Aceh Barat – Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh H Ramli, MS meminta seluruh santri di daerah itu untuk selalu menggenakan peci atau kopiah di atas kepala sebagai bentuk identitas kekhasannya seorang pelajar di dayah atau pondok pesantren.

“Santri harus berani menampakkan identitas kekhasan santri mulai dari pakaiannya, maka gunakan peci kemanapun santri pergi,”katanya di sela – sela membuka perlombaan memperingati Hari Santri Nasional IV Aceh di Meulaboh, Sabtu.

Ia berkata, santri di daerah luar yang sudah maju selalu menggunakan ciri khas berpakaian, terutama menggunakan peci sebagai penutup kepala, seperti santri di Pondok Pesantren Tebuireng, yang merupakan pesantren terbesar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Ramli, MS, menyatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat di bawah kepemimpinannya terus berupaya melaksanakan program – program peningkatan penegakan syariat Islam, dan kalangan santri merupakan bagian sangat penting untuk menyukseskan program itu.

Ia mengatakan santri – santri di Aceh Barat harus ikut berperan dalam penegakan syariat Islam, sebab pengetahuan santri terhadap ilmu agama diyakini lebih idealis ketimbang pelajar dari sekolah umum maupun sekolah madrasah.

Ketua panitia pelaksana Muhammad Isa, menambahkan, kegiatan yang mereka lakukan dalam rangkaian memperingati Hari Santri Nasional tahun 2018 itu, diisi dengan beberapa perlombaan keagamaan, seperti musabaqah qira`tul kutub.

“Ada pidato bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Kemudian juga ada lomba baca puisi Islami, musabaqah fahmil kutub dan lomba rebana yang pesertanya diikuti dari santri seluruh pesantren yang ada di Aceh Barat,” sebutnya.

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh Barat ini, menyebutkan, kegiatan perlombaan dilaksanakan pada tiga tempat, yakni Aula Kantor Kementerian Agama Aceh Barat, Aula Setdakab Aceh Barat dan Aula Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Direncanakan pada puncak kegiatan peringatan Hari Santri Nasional tanggal 20 Oktober 2018, akan dihadiri santri dari seluruh pesantren di Aceh.

Pada penutupan kegiatan peringatan hari santri akan diadakan zikir bersama yakni “Rateeb Siribee”.

Sumber : ANTARA

To Top