Aceh

Di Pidie Gaji Keuchik Rp2,4 Juta, Teungku Imum Rp400 Ribu, Tuha Puet Rp250 ribu

Rinciannya

Pidie, – Pemerintah Kabupaten Pidie memberi kepastian naiknya gaji aparatur gampong mulai tahun 2020 ini. Keuchik hingga Kepala Lorong akan mendapatkan honorarium di atas 2 juta rupiah perbulannya.

Namun, naiknya honor tidak menyentuh Imum Meunasah dan Tuha Puet Gampong. Mereka hanya memperoleh Rp400 ribu dan Rp250 per bulan. Padahal, mereka merupakan tokoh penting dalam roda pemerintahan gampong di Aceh.

Informasi tentang kenaikan gajj aparatur gampong dikuatkan dengan terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Pidie Nomor: 39 Tahun 2019 tentang Standar Biaya Pemerintah Kabupaten Pidie Tahun 2020.

Dalam Perbup itu diatur tunjangan penghasilan aparatur pemerintahan gampong mulai dari Keuchik hingga Kepala Dusun atau Ulee Juroeng.

Adapun perincian gaji aparatur gampong per bulan sesuai jabatannya, Keuchik akan mendapatkan Rp2,4 juta, Sekertaris Desa Rp2,2 juta, Bendahara dan Kaur masing-masing Rp2 juta tiap bulannya. Begitu juga Ulee Juroeng masing-masing mendapatkan Rp2 juta.

Akan tetapi, kenaikan honorarium tidak menyentuh Imum Meunasah yang tugasnya mengajak masyarakat berbuat amal kebajikan. Tokoh vital pemerintah gampong di bidang syar’i ini hanya akan diberikan Rp400 ribu dan bilal Rp 250 ribu perbulan.

Tuha Puet Gampong (TPG) yang merupakan “legislatif” di pemerintahan gampong, mereka hanya akan mendapatkan Rp250 ribu perbulan. Hanya Ketua TPG yang diberikan Rp400 ribu.

Jika ditotalkan jumlah aparatur gampong rata-rata terdiri dari Keuchik, Sekdes, Bendahara, Teungku Imum, Bilal, 3 orang Kaur, 4 Ulee Juroeng, dan 5 orang Tuha Peut, maka tiap bulan menghabiskan anggaran Rp 22, 9 juta per gampong.

Kepala Bidang Pemerintah Mukim dan Gampong Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie, Munandar, S.STP., Sabtu, 11 Januari 2020, membenarkan adanya Perbup tersebut dan mulai berlaku 2020 ini.

“Benar. Insya Allah, 2020 akan berlaku,” tulis dia dikonfirmasi melalui pesan WatsApp.[]

 

Sumber: portalsatu

To Top