Ingin Dapat Solar Subsidi, Nelayan di Aceh Barat Wajib Beli BBM Non Subsidi

Ilustrasi. Foto

 Aceh Barat,  – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, mewajibkan nelayan di kabupaten setempat untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis dexlite bagi para nelayan setempat yang ingin mendapatkan BBM jenis solar subsidi.

Kondisi ini disampaikan oleh Ibnu Hajar, salah satu nelayan kabupaten setempat. Menurut Ibnu Hajar, kewajiban membeli BBM non subsidi sebelum mendapatkan yang subsidi telah diberlakukan sejak enam bulan oleh SPBN itu.

Baca Juga:  14 Nelayan Aceh di Myanmar Dibebaskan, Satu Orang Ditahan

“Demi mendapatkan solar bersubsidi mau tidak mau nelayan terpaksa beli yang non subsisidi yang diwajibkan oleh petugas SPBN setempat,” kata Ibnu Hajar, kepada wartawan, Selasa (5/2).

Menurut Ibnu Hajar, rata-rata persentase untuk kewajiban pembelian BBM non subsidi jenis dexlite sekitar sepuluh persen dari BBM subsidi yang dibutuhkan. Ia mencontohkan jika ingin mendapatkan BBM subsidi jenis solar dengan jumlah 300 liter, maka wajib beli dexlite 30 liter.

Menurut informasi yang diperoleh Ibnu Hajar, dari beberapa nelayan dari luar kabupate itu, mereka tidak pernah mengalami kondisi seperti yang dirasakan oleh nelayan yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

Baca Juga:  Plt Gubernur Aceh Larang Anak-anak Jadi Nelayan

Akibat dari sistem yang diterapkan oleh SPBN setempat, kata dia, membuat beban pengeluaran nelayan bertambah untuk kebutuhan melaut. Jika tidak mau membeli BBM jenis dexlite, maka para nelayan tidak akan mendapatkan solar subsidi.

Para nelayan, kata dia, pernah mempertanyakan aturan diberlakukan tersebut, jika memang membeli dexlite adalah kewajiban. Namun sayangnya mereka tidak dapat menunjukan aturan yang disebut itu.

Baca Juga:  Legislator minta jenazah nelayan Aceh yang dimakamkan di Myanmar dipulangkan

“Kami tanya sama petugas SPBN katanya sudah aturan, tapi kami ingin aturannya mereka malah diam saja, kalau seandainya ini qanun daerah atau undang-undang kita siap penuhi, tapi ini aneh seperti dibuat-buat pihak SPBN,” jelasnya.

Para nelayan berharap, pihaknya segera diberi penjelasan oleh pemerintah melalui dinas terkait menyangkut pemberlakuan kewajiban membeli minyak non subsidi jenis dexlite untuk mendapatkan solar bersubsidi.

  • 88
    Shares

loading...

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat akurat dan berkualitas kepada masyarakat aceh nasional dan dunia ?

ikuti kami

Copyright © 2019 Kabaracehnews.com. All right reserved