Politik

KIP Aceh Bakal Coret Dua Warga Negara Asing Yang Masuk DPT

1551956088816 - KIP Aceh Bakal Coret Dua Warga Negara Asing Yang Masuk DPT
Foto: logo kip aceh

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akan mencoret dua Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Aceh untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA) Syarbaini, kedua WNA itu berasal dari dua negera berbeda, satu dari Belanda dan satunya lagi dari Taiwan.

WNA yang berasal dari negara Belanda itu bernama Ingrid Wilhelmia Maria. Dirinya sudah 20 tahun berdomisili di Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara. Ia juga pernah bekerja sebagai guru Bahasa Inggris, dan pernah menikah dengan WNI selama 7 Tahun.

Baca juga:  Ma'ruf Janjikan Kursus Gratis, Sandi Janjikan Milenial Lapangan Kerja

Kemudian, WNA dari Taiwan itu lebih kurang baru satu tahun tinggal Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh, yang bersangkutan diketahui sudah melakukan pelaporan dan pencatatan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh.

Namun, saat petugas PPS melakukan verifikasi faktual yang bersangkutan tidak berada di rumah, karena sedang bekerja di luar.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri membenarkan terkait adanya dua WNA yang masuk DPT Aceh. Karena itu, nama mereka akan segera dihapus atau dicoret dari dalam daftar pemilihan tetap.

Baca juga:  Jika Jadi Presiden, Prabowo Siap Kejar Koruptor Sampai ke Antartika

“Sesuai arahan KPU, mereka akan kita coret dari DPT,” tutur Samsul Bahri saat dikonfirmasi, Kamis, (7/3).

Syamsul menuturkan, orang yang boleh memilih dalam Pemilu 2019 mendatang hanya warga negara Indonesia. Walaupun mereka (WNA) sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Sesuai Undang-undang, yang boleh atau memliki hak pilih hanyalah warga negara Indonesia, walaupun mereka sudah punya KTP di sini,” tandasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merilis total WNA yang masuk DPT di seluruh Indonesia. Paling banyak itu dari DPT Provinsi Bali, dan di DPT Aceh hanya dua orang.

loading...

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.