Aceh

Mengaku Kagumi Hasan Tiro, Steffy Burase Ditanya ‘Tahu Apa Kamu tentang Aceh

Instagram

Banda Aceh – Mantan model cantik asal Manado Fenny Steffy Burase yang dirumorskan punya hubungan dekat dengan Gubernur Aceh (nonaktif) Irwandi Yusuf, kembali menarik perhatian warganet.

Pada Kamis (16/8/2018), Steffy mengunggah 10 foto saat mengunjungi stand The Hasan Tiro Centre, di Gedung Edukasi Museum Negeri Aceh, dalam rangka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7, beberapa hari lalu.

Stand ini memang khusus memamerkan foto-foto dan barang-barang yang berkaitan dengan sosok almarhum Hasan Tiro, pendiri Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Menyertai foto-foto tersebut, Steffy menulis keterangan yang menceritakan tentang kedatangannya ke Stand The Hasan Tiro Centre itu.

“Ada 1 stand yang menarik perhatian saya dan akhirnya waktu yang sangat sedikit itu terkuras di 1 stand ini doank (emoji tertawa) saya banyak di cerita kan tentang salah 1 tokoh sejarah Aceh yaitu #hasantiro , Kagum dengan sosok beliau yang sangat pemberani & idealis akhirnya saya memboyong dengan kalap beberapa Buku tentang beliau,” tulis Steffy di akun Instagramnya yang memiliki 42 ribu pengikut.

Ia lalu berceita sempat mengupload di Instagram story tentang tokoh pendiri Gerakan Aceh Merdeka ini.

Steffy mengatakan, ada seseorang yang secara khusus menghubunginya melalui direct massage (DM) Instagram dan mempertanyakan sikapnya mengupload hal yang terkait Hasan Tiro di instastorynya.

Steffy menyebut orang tersebut, kemungkinan kurang suka terhadap Hasan Tiro dan juga dirinya.

“Dia bilang, tau apa kamu tentang aceh, tentang orang2 aceh, dan sedikit kata-kata kurang suka akan sosok yang di mata saya adalah pahlawan ini,” tutur Steffy sebagaimana dikutip Serambinews, Jumat (17/8/2018).

“Saya jawab, saya tidak tau apa2 tentang Aceh makanya saya sedang mempelajarinya. Kalau ditanya tau apa saya tentang orang2 Aceh, saya hanya tau bagaimana dari perilaku tiap2 orang ke saya, salah satunya kamu,” tambahnya.

Steffy mengaku tidak mengomentari mengenai protes orang tersebut akan ketertarikannya terhadap sosok Hasan Tiro yang dia anggap sebagai pahlawan.

Tetapi yang ingin disampaikannya adalah, belajarlah menghargai pilihan orang lain karena itu hak asasi manusia.

“Kebebasan berbicara, memilih, dll tidak harus sama dengan orang lain, hanya 1 yang perlu kita junjung tinggi, SALING MENGHARGAI DAN MENGHORMATI PILIHAN ORANG LAIN,” tulis mantan model yang sempat diisukan memiliki hubungan dekat dengan Irwandi ini.

Kemarin waktu ke Aceh kebetulan banget lagi ada #pekankebudayaanaceh @pkaaceh7 pameran kebudayaan yang hanya ada 4 tahun sekali. Sayang sekali waktunya sangat sedikit tapi alhamdulillah masih sempat mampir ke pameran sejarah Aceh. Ada 1 stand yang menarik perhatian saya dan akhirnya waktu yang sangat sedikit itu terkuras di 1 stand ini doank😅 saya banyak di cerita kan tentang salah 1 tokoh sejarah Aceh yaitu #hasantiro , Kagum dengan sosok beliau yang sangat pemberani & idealis akhirnya saya memboyong dengan kalap beberapa Buku tentang beliau. Rasa penasaran saya besar sekali😁 waktu itu saya sempat upload di IG story saya tentang beliau dan ada seseorang yang DM saya mungkin kurang suka ama beliau, dan juga ke saya😁 dia bilang “tau apa kamu tentang Aceh, tentang orang2 aceh dan sedikit kata2 kurang suka akan sosok yang dimata saya adalah pahlawan ini”, saya jawab, “ saya tidak tau apa2 tentang Aceh makanya saya sedang mempelajarinya, kalo ditanya tau apa saya tentang orang2 Aceh, saya hanya tau bagaimana dari perilaku tiap2 orang ke saya, salah satunya kamu”. Saya tidak Comment mengenai protes dia akan ketertarikan saya pada sosok pahlawan ini, tapi disini saya mau sampaikan, belajarlah menghargai pilihan orang lain karena itu adalah hak asasi manusia. Kebebasan berbicara, memilih, dll tidak harus selalu sama antara pikiran kita dan orang lain, hanya 1 yang perlu kita junjung tinggi, SALING MENGHARGAI DAN MENGHORMATI PILIHAN ORANG LAIN. Sekarang lagi moment milih presiden baru, siapapun pilihanmu, jangan sampe berantem ya… ingat, kita bisa meng Elu2 kan siapa aja yang baik di mata kita, tapi hanya Allah yang tau siapa yang terbaik🙏🏿😇 Anyway, thanks to @sayed_fuadi yang uda ngajarin banyak tentang pak Tiro🙏🏿😁#pekankebudayaanaceh #peace #peaceofmind #peaceandlove❤️ #history #hero #aceh

A post shared by Steffy Burase (@steffyburase) on

Hingga Jumat (17/8/2018) siang, postingan tentang kunjungan ke Stand The Hasan Tiro Centre di IG Steffy Burase ini, telah mendapatkan 865 suka, dan 37 komentar.

Pantauan Serambinews, kebanyakan akun yang memberi komentar adalah milik warga Aceh. Antara lain:

@berdansa_sore: Buku keumalahayati lawan tangguh kolonialisme juga keren Pahlawan Aceh @steffyburase

@fitriani08416: Makasih udh mengerti ttg aceh di msa lalu,, salut buat mbak steffy, sy yg org banda sendri ngk sempat berkunjung ke stang ituu,

 

Sumber: Serambinews

 

Berita Popular

To Top