Kabaracehnews

Aceh

Menteri Agraria dan Tata Ruang Serahkan sertifikat tanah di Aceh Besar

Menteri Agraria dan Tata Ruang Serahkan sertifikat tanah di Aceh Besar(Kabaracehnews/ Humas Pemkab Aceh Besa)

Aceh Besar, – Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Sofyan A. Djalil sekaligus Kepala Bapenas disambut Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dan Wakil Bupati Husaini A. Wahab di Meuligoe Kota Jantho Aceh Besar dalam rangka penyerahan sertifikat tanah yang merupakan program sertifikat tanah nasional, rabu siang 13 Maret 2019.

Sofyan Abdul Djalil adalah Menteri ke-2 yang mengunjungi Ibu KOta Aceh Besar setelah sebelumnya Menteri Desa, Transmigrasi, dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Marwan Jafar saat peletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan 50 rumah transmigrasi lokal pada tahun 2015 lalu.

Sofyan Djalil menyampaikan bahwa saat ini pemerintah sedang fokus menyelesaikan beberapa persoalan krusial diantaranya adalah persoalan sertifikasi tanah, karena masih ada 80 juta lebih tanah masyarakat yang harus diberi sertifikat untuk mengantisipasi terjadinya sengketa dikemudian hari seperti yang telah terjadi dibeberapa daerah. “Ketika harga tanah mulai mahal, jika tidak punya sertifikat akan beresiko terjadinya sengketa, walau tanah wakaf sekalipun,” ungkap Putra Kelahiran Alue Lhok Langsa tersebut.

Baca juga:  Hafidz 30 Juz Termuda Aceh Besar Dapat Uang Pembinaan Rp50 Juta dari Pemkab

Menteri ATR menyerahkan sertifikat yang telah disahkan oleh badan pertanahan nasional secara simbolis diantaranya sertifikat tanah asset pemerintah yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Besar, sertifikat tanah wakat diterima oleh pengurus mesjid dan beberapa masyarakat juga hadir untuk menerima langsung sertifikat tanah dari menteri.

Pada kesempatan yang sama Bupati Mawardi Ali kepada Menteri Agraria Tata Ruang Republik Indonesia dihadapan masyarakat dan kepala OPD serta para camat dalam wilayah Aceh Besar melaporkan bahwa kota jantho sudah berumur 34 tahun sejak mekar dari kota banda aceh dan sudah mengalami beberapa kemajuan.

“Infrastruktur dikota jantho sedang dipacu salah satunya saat ini baru tersedian JSC yang telah sukses pelaksanaan PORA XIII tahun 2018. saat ini sudah disiapkan lahan untuk pembangunan IPDN, Kampus ISBI permanen dan beberapa program lainnya yang sedang dikembangkan seperti Pesantren Fauzul kabir sebagai tempat pendidikan Hafidz untuk misi menciptakan 1 Desa 1 Hafidz,” ungkap Mawardi Ali.

Baca juga:  Wakil Bupati: Jika Terganggu Suara Azan, Keluar dari Aceh Besar

Bupati Mawardi Ali menyampaikan ungkapan terima kasih atas program sertifikat tanah nasional yang sangat bermanfaat bagi masyarakat kepada Menteri Sofyan Djalil dan meminta dukungan untuk terus memberikan perhatian khusus untuk memejukan aceh khususnya Aceh Besar.

 

Menteri Agraria dan Tata Ruang Serahkan sertifikat tanah di Aceh Besar(Kabaracehnews/ Humas Pemkab Aceh Besa)

Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Sofyan A. Djalil selanjutnya akan melaksanakan kegiatan yang sama malam ini di kabupaten Sigli dan akan dilanjutkan ke Bireun pada keesokan hari dalam rangka pembegian sertifikat secara simbolis kepada masyarakat setempat.(SR)

 

MC. Aceh Besar

loading...