MPU Pidie Minta Konser Slank Dibatalkan yang akan tampil di Alun-alun Kota Sigli

4229 views

Pidie – Konser grup band Slank yang dijadwalkan akan tampil di halaman Gor Alun-alun Kota Sigli, Pidie, Sabtu (29/9/2018), mendapat penolakan dari Majelis Permusyarawatan Ulama (MPU) setempat.

Penolakan itu tertuang dalam surat balasan MPU atas surat permintaan permohonan rekomendasi yang diminta panitia penyelenggara, serta surat MPU yang ditujukan kepada Bupati dan unsur Forkopimda setempat.

Dalam surat pertama yang bernomor 541.7/314/2018 M, sebagai pertimbangan MPU menyebutkan jika pemerintah tengah menggodok tata kehidupan masyarakat agar sesuai dengan syariat islam dan budaya ke acehan yang islami.

Untuk itu, MPU menganggap tidak berhak mengeluarkan atau merekomendasi kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan kaidah keagamaan.

Baca juga:  Ditolak Ulama Pidie, Panggung Konser Slank di Pidie Sudah Didirikan

Surat itu juga ditembuskan ke Bupati Pidie Roni Ahmad dan seruluruh anggota Forkopimda kabupaten setempat.

Selang 17 hari, MPU kembali mengeluarkan surat bernomor 541.7/339/2018 M. Surat yang ditandatangani Katua MPU Pidie Tgk Ismi; Wakil Ketua Tgk Ilyas Abdullah; dan Wakil Ketua II Tgk Mohd Amin; ditujukan kepada Bupati Pidie dan tembusan kepada unsur Forkopimda.

Dalam surat itu, MPU memohon kepada pimpinan daerah untuk menghentikan konser tersebut dengan pertimbangan masih dalam suasana hijrah di tahun baru islam 1440 H.

Baca juga:  Ditolak Ulama Pidie, Panggung Konser Slank di Pidie Sudah Didirikan

Sikap tegas MPU ini juga mendapat dukungan dari sejumlah kalangan, seperti Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Pidie, Front Pembela Islam (FPI), KNPI Pidie, Sirul Muktadin, RTA, IPNU, MPS, From Santri, Pemuda Muslim Indonesia (PMI), BTQ dan sejumpah lembaga lainya.

Mereka mendatangi MPU Pidie, Kamis (19/9/2018), untuk memberikan dukungan atas terbitnya surat permohonan penghentian konser di pusat Kota Sigli tersebut.

“Kami kesini untuk mendukung sikap dari MPU Pidie tersebut,” kata Sekjen HUDA Cabang Pidie, Mustajab.

konser slank mpu pidie

Posting Terkait