Internasional

Pangeran Arab Saudi MBS Dikabarkan Kunjungi Indonesia Besok

1550079190949 - Pangeran Arab Saudi MBS Dikabarkan Kunjungi Indonesia Besok
pangeran muhammad bin salman. ©SPA

Kabaracehnews.com – Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan tiba di Jakarta besok, Kamis 14 Februari dalam rangka agenda diplomasi dan kerja sama bisnis.

Laman Asia Times melaporkan, Rabu (13/2), pangeran berusia 33 tahun yang kerap disebut MBS itu sebelumnya ingin mengunjungi Indonesia pada Desember sebagai bagian dari rangkaian lawatan ke sejumlah negara Asia, termasuk China, India, Pakistan, Malaysia.

Sumber di pemerintah mengatakan kedatangan MBS ke Asia, termasuk Indonesia, adalah bagian dari upaya ‘memoles kembali citra Saudi’ di mata negara Asia.

Kunjungan MBS yang tidak diumumkan ini akan terjadi setelah dua tahun kedatangan ayahnya, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud yang pertama kali ke Indonesia pada 2017. Kunjungan Raja Salman waktu itu adalah yang pertama kali dilakukan setelah raja Saudi terakhir ke Indonesia 47 tahun lalu.

Baca juga:  Lindswell Kwok Sumbang Emas Kedua untuk Indonesia di Asian Games 2018

Sumber dari tokoh muslim di Indonesia mengatakan Riyadh mengubah pandangan terhadap Indonesia sejak digelarnya pertemuan lembaga Dana Moneter Internasional (IMF)- Bank Dunia di Bali Oktober lalu. Pada pertemuan itu Indonesia dipandang sebagai negara dengan ekonomi potensial dan bukan hanya sebagai pengekspor TKI ke Saudi.

“Pertemuan IMF itu membuka mata bagi banyak pebisnis Saudi. Mereka sebelumnya menganggap kami negara miskin yang hanya bisa mengirim TKI. Mereka kaget kita juga bisa membuat kereta, perahu, pesawat,” kata sumber tokoh muslim tadi kepada Asia Times.

Kunjungan MBS ke sejumlah negara Asia ini adalah yang pertama kali dia lakukan sejak munculnya kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi yang menjadi sorotan internasional. Badan Intelijen Amerika (CIA) menyimpulkan MBS memerintahkan pembunuhan jurnalis harian the Washington Post itu pada 2 Oktober lalu di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Pemerintah Saudi kerap membantah keterlibatan MBS dalam pembunuhan ini.

Baca juga:  Kemlu: Pemulangan Jenazah WNI Tunggu Investigasi Malaysia Rampung

Meski dikabarkan akan tiba di Jakarta besok, namun sejumlah sumber lain mengatakan MBS baru akan datang ke Indonesia pekan depan.

Laman the News melaporkan MBS akan memulai kunjungannya ke Asia dengan melawat ke Pakistan pada 17 Februari dan setelah itu baru dia akan mengunjungi China, Malaysia, Indonesia, dan India.

Reporter : Pandasurya Wijaya
Sumber: Merdeka.com

loading...