Pantai di Banda Aceh Dipenuhi Sampah Sedotan Hingga Popok Bayi

Foto: (dok DPC HPI)

Banda Aceh – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Banda Aceh melakukan aksi bersih pantai di Banda Aceh. Sampah yang dibersihkan dari sedotan sampai popok bayi.

Pengunjung Pantai Lamtong, di Desa Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh masih membuang sampah sembarangan. Beragam sampah mulai dari sedotan hingga popok bayi ditemukan di lokasi wisata baru tersebut.

Aksi bersih-bersih pantai yang kerap dikunjungi traveler pada sore hari ini dilakukan anggota Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Banda Aceh. Mereka memungut sampah untuk kemudian dimasukkan dalam plastik hitam berukuran besar.

Beberapa perempuan, menyapu sampah untuk memudahkan dimasukkan ke dalam plastik. Sampah-sampah tersebut ditemukan dibibir pantai hingga disela-sela bebatuan.

Baca Juga:  Ibu Negara Bersama Bu Wapres Dijadwalkan Kunjungi Aceh

“Kami memukan banyak sampah yang sengaja dibuang dicelah-celah batu-batu pemecah ombak di kawasan itu, seperti botol plastik, sedotan, plastik kresek, dan pampers. Ini sangat menganggu kenyamanan pengunjung,” kata Ketua DPC HPI Kota Banda Aceh, Siti Jihadun Nufus dalam keterangan tertulis kepada detikTravel, Sabtu (9/2/2019).

Menurutnya, kepedulian para pengunjung terhadap kebersihan di objek wisata itu masih sangat kurang. Padahal masyarakat setempat sudah menyediakan tong sampah di lokasi wisata tersebut.

Baca Juga:  Relawan Prabowo-Sandi Bentuk Rumah Pemenangan di Aceh

“Sampah yang kami kumpulkan mencapai 20 kantong plastik besar, ini menjadi bukti kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih sangat kurang,” jelas Jihan.

Jihan menilai, kebersihan sangat penting dalam sektor pariwisata, karena apabila lokasi wisata terkesan jorok wisatawan enggan berkunjung. Dia meminta pengunjung tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Kami meminta tolong mohon dijaga kebersihan objek wisata, karena kalau bukan kita siapa lagi. Kalau kebetulan menemukan sampah di tempat wisata tolong dibawa sampahnya, dan buang ketika sudah menemukan tempat sampah,” ujarnya.

Baca Juga:  Sandi, Anak Muda di Lhokseumawe memilih berdiskusi menyuarakan harapannya

“Di lokasi kami tidak melihat adanya tong sampah yang layak, dan ini menjadi catatan penting bagi pemerintah kota, dinas terkait bisa menyediakan tong sampah di lokasi wisata itu,” ucap Jihan.

Aksi bersih-bersih pantai yang digelar DPC HPI juga dibantu masyarakat setempat, serta beberapa pengunjung. Kegiatan ini, jelas Jihan, bentuk kepedulian para pemandu wisata untuk kebersihan pantai.

“Kegiatan ini bentuk kepedulian kami terhadap objek wisata yang ada di Kota Banda Aceh, dan ini juga menjadi tanggung jawab kami selaku pemandu wisata,” katanya.

 

detikcom

 

  • 52
    Shares

loading...

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat akurat dan berkualitas kepada masyarakat aceh nasional dan dunia ?

ikuti kami

Copyright © 2019 Kabaracehnews.com. All right reserved