Politik

PKS Kota Sabang Laporkan KIP Sabang ke DKPP

foto: istimewa/Partai Keadilan Sejahtera

Sabang – Pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Sabang melaporkan KIP setempat ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Kamis (16/8). Laporan itu dilakukan terkait dugaan pelanggaran Kode etik dan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Ketua KIP Kota Sabang dan Anggotanya.

Kuasa hukum PKS Sabang, Kasibun Daulay mengatakan perbuatan yang dilakukan KIP Kota Sabang adalah memasukkan Afrizal Bakri, dalam daftar calon sementara (DCS) DPRK Sabang untuk pemilihan umum tahun 2019 dari Partai Aceh.

“KIP Sabang mengangap Afrizal telah Memenuhi Syarat sehingga dimasukkan kedalam DCS. Padahal yang bersangkutan sampai dengan akhir batas masa melengkapi berkas belum mengajukan salah satu syarat bakal pencalonan yakni surat pengunduran diri dari keanggotaannya di DPRK Sabang periode 2014–2019, sebagaimana yang dipersyaratkan oleh PKPU No.20 Tahun 2018,” kata Kasibun.

Sebelumnya, kata Kasibun, PKS Kota Sabang sudah mengingatkan Afrizal Bakri, melalui surat nomor 11/S/ PKS/VII/1439 H, meminta Afrizal Bakri, apabila masuk dalam bakal caleg dari partai lain selain PKS agar mengajukan surat pengunduran diri dari keanggotan PKS.

Bahkan, PKS sudah pernah menyurati KIP Kota Sabang yang meminta apabila menemukan ada anggota dewan dari PKS yang yang mencalonkan diri dari partai lain, agar menyertakan surat pengunduran diri dari PKS sebagaimana yang dipersyaratkan oleh PKPU.

“Kami menilai KIP Kota Sabang telah melakukan perbuatan melawan hukum dan melanggar kode etik penyelenggara pemilihan umum,” ujarnya.

Dengan banyaknya Peraturan Perudang-undangan yang dilanggar oleh KIP Kota Sabang, kata Kasibun, maka secara sendirinya KIP Sabang juga telah melanggar kode etik dan ssas-asas penyelenggaraan pemilu, [asal 6 Ayat (2) huruf a dan b, Ayat (3) huruf a, c, d, f, dan i. Pasal 11 huruf a, c. Pasal 15 huruf d dan f. Asas Integritas, Profesionalitas, Prinsip Berkepastian Hukum, Prinsip Profesional,” kata Kasibun.

Berita Popular

To Top