Peristiwa

Puluhan pondok kafe wisata di Aceh Barat amblas ke laut akibat abrasi gelombang pasang

Warga melihat pondok wisata yang rusak akibat diterjang gelombang pasang di Desa Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Rabu (20/5/2020). Tingginya gelombang laut sejak dua hari terakhir menerjang dan merusak puluhan pondok wisata dan cafe di kawasan itu. (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)

Meulaboh, – Puluhan pondok wisata di pinggir pantai di kawasan Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Rabu kembali amblas ke laut setelah diterjang abrasi gelombang pasang air laut.

Akibatnya, puluhan unit pondok kecil yang terdapat di sepajang bibir pantai di daerah ini rusak parah dan terbawa arus.

Kepala Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Teuku Razali, di Meulaboh mengatakan dampak dari rusaknya puluhan pondok kafe milik masyarakat di daerah ini, menyebabkan warga mengalami kerugian.

“Abrasi pantai yang terjadi di desa kami sudah sangat parah, kami berharap agar dapat segera ditangani pihak terkait,” kata Teuku Razali.

Menurutnya, abrasi yang terjadi kali ini merupakan abrasi yang kedua yang terjadi pada bulan suci Ramadhan tahun ini.

Sebelumnya, abrasi yang terjadi pada Sabtu (9/5) lalu juga menyebabkan sekitar 20 unit pondok cafe di desa setempat rusak setelah diterjang abrasi pantai yang semakin mengganas.

Dampak dari kerusakan tersebut juga menyebabkan masyarakat terganggu untuk melakukan aktivitas ekonomi, karena sebagian besar pondok wisata yang ada sudah terbawa arus pasang air laut.

Ia juga menuturkan, dampak dari abrasi yang terjadi selama ini juga menyebabkan sekitar 110 meter bibir pantai dan badan jalan di kawasan itu juga ikut rusak.

Kondisi tersebut menyebabkan air laut dengan mudah masuk ke pemukiman warga, sehingga hal ini sangat meresahkan masyarakat, kata Teuku Razali menegaskan.

[]

 

Antara

To Top