Hukum

Terkait Kasus DOKA 2018, Sudah 60 Saksi Diperiksa KPK

foto: detikcom

Banda Aceh – Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terus mendalami kasus dugaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018, yang menyeret nama Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, S.H., menyebutkan, sejak Senin hingga Kamis (13-16 Agustus 2018), tercatat, saksi yang diperiksa oleh Tim Penyidik KPK mencapai 60 orang. Unsur saksi yang diperiksa mulai dari sejumlah kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA), pihak bank, kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Aceh, hingga swasta.

“KPK menemukan bukti-bukti baru yang mengarah pada dugaan penerimaan-penerimaan lain oleh tersangka terkait kasus DOKA 2018 ini dan proyek lain. Peran pihak-pihak lain di sekitar gubernur menjadi perhatian penyidik. Dugaan adanya perintah dan arahan dari tersangka Irwandi Yusuf terkait proyek-proyek sedang kami cermati,” kata Febri, dalam keterangannya, Kamis malam.

Selain itu, Rabu/kemarin, tim penyidik turut melakukan penggeledahan di rumah salah seorang saksi serta salah satu kantor perusahaan konstruksi. Dari penggeledahan, penyidik menyita barang bukti berupa handphone, DVD serta dokumen.

Febri mengatakan, bukti yang ditemukan penyidik memperkuat penanganan perkara yang sedang berjalan. “Kami menemukan indikasi penerimaan lain pada tsk dan akan didalami juga indikasi arahan-arahan agar dilakukan penyetoran uang pada tersangka,” ucapnya.[]

Berita Popular

To Top