Politik

Tgk Sarkawi mundur dari bupati Bener Meriah, ingin fokus mengurus pasantren miliknya

Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi (Kiri) bersama Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah (Kanan). (ANTARA/HO)

Redelog, – Tgk Sarkawi mengaku ingin fokus mengurus pasantren miliknya setelah nanti mundur dari jabatannya sebagai Bupati Kabupaten Bener Meriah.

“Insya Allah (Kami) akan fokus dalam merestor pendidikan keagamaan melalui pasantren yang kami kelola,” kata Tgk Sarkawi saat menyatakan akan mundur dari jabatan bupati yang disampaikannya pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri di halaman Masjid Agung Babussalam, Simpang Tiga Redelong, Bener Meriah, Minggu.

Bagi masyarakat di Kabupaten Bener Meriah, sosok Tgk Sarkawi memang dikenal sebagai seorang ulama dan Pimpinan Pondok Pasantren Bustanul Arifin Bener Meriah, selain kiprahnya saat ini sebagai seorang Bupati.

Masyarakat di sana juga bahkan kerap menyapa Sarkawi dengan panggilan Abuya sebagai panggilan kehormatan, sebuah gelar yang kerap disematkan kepada para tokoh-tokoh ulama di Indonesia.

Kiprahnya di bidang keagamaan juga pernah dilaluinya dengan memimpin Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Bener Meriah sebagai Ketua MPU periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Selain itu sosok Sarkawi juga pernah dipercaya menjabat Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bener Meriah periode 2003-2013 dan sebagai Ketua Himpunan Ulama Dayah (HUDA) Bener Meriah 2004-2014.

Itulah sekilas tentang sosok Sarkawi. Tak heran jika kemudian dia memutuskan untuk kembali ingin fokus pada bidang yang telah membesarkan namanya itu, hingga telah membawanya menjadi seorang tokoh ulama besar di daerah tersebut.

Namun bukan itu yang menjadi alasan utamanya memutuskan mundur dari jabatan sebagai Bupati Bener Meriah saat ini.

Sarkawi menyebut alasan utamanya mundur adalah karena faktor kesehatan. Dia menyebut kesehatannya akhir-akhir ini terus merosot akibat penyakit tulang belakang yang diderita.

“Sudah berobat ke Medan, sudah berobat ke Jakarta, sudah berobat ke Penang, dan terakhir ke Kuala Lumpur. Namun belum ada kesembuhan,” ujarnya.

“Maka bapak ibu yang berbahagia, kami merencanakan untuk Insya Allah berobat secara penuh untuk kesehatan kami, sambil mengajar di Pasantren. Maka pada kesempatan yang mulia ini kami sampaikan bahwa, kami, saya, Tgk Sarkawi, mengundurkan diri sebagai Bupati Bener Bener Meriah, untuk menjalani pengobatan kesehatan diri,” tuturnya lagi.

[]

To Top