Nasional

WN Malaysia Ditangkap Selundupkan 3.800 Butir Ekstasi ke Indonesia

Foto: WN Malaysia ditangkap atas kasus penyelundupan ekstasi (ist)

Jakarta – Warga Negara Malaysia berinisial G ditangkap karena menyelundupkan 3.800 pil ekstasi ke Jakarta. Narkoba itu dimasukkan dalam bungkus makanan ringan untuk mengelabui pemeriksaan di bandara.

Awalnya, Polres Metro Jakarta Barat menangkap dua orang kurir warga negara Indonesia, berinisial YT dan DO. Mereka diringkus di sebuah hotel kawasan Tamansari, Jakarta Barat pada 11 Februari 2019.

Mereka membawa dua bungkus kemasan keripik kentang berisi 3.800 butir pil ekstasi. Selain itu, dari lokasi polisi juga menyita enam unit telepon seluler.

“Barang bukti yang kami amankan berupa 2 bungkus kemasan keripik kentang telur asin berisi 1.900 Butir ekstasi logo IG warna ungu, 1.600 Butir ekstasi logo kenzo warna oranye, dan 300 butir ekstasi logo monyet warna pink, 6 unit handphone berbagai merek milik tersangka,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi, dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2019).

Menurut keterangan pelaku, mereka mendapatkan barang tersebut dari seorang WN Malaysia berinisial G. G menjadi pengedar ekstasi jaringan Malaysia-Batam-Medan-Jakarta.

Barang bukti ekstasi Foto: WN Malaysia ditangkap atas kasus penyelundupan ekstasi (ist)

Selanjutnya, Polisi menangkap G di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, pada 16 Maret 2019. Kelompok G disebut polisi telah menyeludupkan ekstasi sebanyak tujuh kali.

“Guna menghindari pengawasan sinar x ray di bandara, pelaku memasukkan ribuan butir ekstasi ke dalam kemasan makanan ringan,” ucap Hengki.

“WNA berinisial G ini juga berkolaborasi dengan jaringan narkoba di Lapas Tanjung Gusta dan dikendalikan bandar internasional yang sering berada di Penang, Malaysia” ujar Hengki.

To Top